Senin, 29 Agustus 2016

Cara Menanak Nasi dan Jenisnya

Bagi Anda yang sedang mencari tulisan yang berisi cara menanak nasi, kami hadirkan beberapa cara menanak nasi beradasarkan jenis nasinya. Ada banyak jenis nasi yang biasa dibuat, oleh karena itu kami pisahkan menjadi beberapa artikel.

Cara Menanak Nasi

Banyak jumlah air yang ditentukan di resep - resep di bawah ini, mungkin membuat nasi masih kekerasan atau kelunakan. Ini disebabkan oleh banyaknya macam dan kualitas beras. Ada yang membutuhkan banyak air, ada yang tidak, misalnya beras yang lama, penuaian tahun yang lalu, membutuhkan banyak air, sedangkan beras baru tidak.

Jika Anda sudah mencoba resep - resep ini dapat memperkirakan sendiri, apakah airnya cukup, perlu ditambah atau dikurangi.

1. Nasi Putih

a) Nasi putih (liwet di tanak dalam panci biasa atau periuk nasi)

1/2 kg beras dicuci bersih, tiriskan, taruh di panci, lalu rendam dengan 750 mL air kira - kira 1 jam. Mask di dalam panci tertutup hingga mendidih, lalu kecilkan apinya. Jika airnya sudah habis, aduk - aduk sebentar lalu tutup kembali panci, masak terus hingga 1/2 matang, lalu aduk - aduk lagi, 1/2 jam kemudian nasi matang. Nasi ditanak seperti ini ada keraknya, supaya keraknya tipis, sesudah airnya habis kecilkan apinya.

b). Nasi putih (kukus - ditanak dengan dandang atau kukusan)

1/2 kg beras dicuci bersih rendam kira - kira 1 jam, tiriskan, dikukusan. Masak air di dandang, jika sudah emndidih taruh kukusan tersebut di dalam dandang, lalu tutup kukusannya. Ujung kukusan tak boleh kena air. Jika nasi sudah 1/2 matang tuang di dalam panci lalu disiram air mendidih kira - kira 700 mL sehingga nasi terendam betul, tutup panci hingga airnya habis baru diaduk - aduk, taruh di kukusan lagi, lalu masukkan lagi di dandang, masak terus hingga matang.

c). Nasi putuh (liwet - kukus)

1/2 kg beras dicuci bersih. tiriskan, taruh di dalam panci lalu rendam dengan 750 mL air kira - kira 1 jam. Masak di dalam panci tertutup hingga mendidih, kecilkan api, jika airnya sudah habis aduk - aduk, lalu pindahkan nasi ini di kukusan, lalu kukus hingga matang.


2. Nasi Uduk 

Nasi Uduk (nasi gurih) dapat ditanak secara nasi liwet , nasi kukus atau nasi liwet kukus. Beras sesudah dicuci bersih dimasak seperti cara membuat di resep no. 1a, b, dan c. 750 mL air diganti dengan santan yang sudah direbus dengan sedikit garam dan beberapa lembar daun pandan.


3. Nasi Kuning

Seperti nasi uduk hanya saja santannya diberi kunyit (kunyit diparut, lalu diperas dengan sedikit air). Santan kuning tersebut direbus dengan sedikit garam, 2 lembardaun pandan, 1 batang serai, dan beberapa lembar daun jeruk purut.



Related Posts

Cara Menanak Nasi dan Jenisnya
4/ 5
Oleh